Thursday, May 23, 2024
Google search engine
HomeUncategorizedSatsamapta Polres Barito Timur Himbau Apoteker untuk Cegah Adanya Obat Kadaluarsa dengan...

Satsamapta Polres Barito Timur Himbau Apoteker untuk Cegah Adanya Obat Kadaluarsa dengan Pemeriksaan Berkala

 

Satuan Sabhara Polres Barito Timur, (Satsamapta), Polda Kalteng mengambil langkah preventif dalam menjaga kesehatan masyarakat dengan fokus pada pencegahan adanya obat-obatan yang sudah kadaluarsa. Pada hari Senin, (24/07/2023) siang,

 

 

Tim Satsamapta melakukan kunjungan ke beberapa apotek di wilayah kecamatan Dusun Timur, Kabupaten Barito Timur untuk memberikan himbauan kepada apoteker dalam menghindari penjualan obat-obatan yang telah melewati batas tanggal kadaluarsa.

Dalam kunjungan tersebut, petugas Satsamapta dipimpin oleh AIPDA YANTO RAYA, BRIPDA I WAYAN CHANDRA, dan BRIPDA ADITYARRIN PRATAMA. Tim patroli dari Satsamapta ini menggunakan kesempatan untuk berdialog dengan apoteker di beberapa apotek yang menjadi sasaran kunjungan.

kasatsamapta Polres Bartim, AKP SUKAJIM, S. H., M. M., menyampaikan pentingnya peran apoteker dalam menjaga keselamatan konsumen dengan menjual obat-obatan yang masih dalam kondisi baik dan aman untuk digunakan. Dalam kunjungan tersebut, petugas Satsamapta memberikan informasi tentang dampak negatif yang dapat ditimbulkan oleh penggunaan obat kadaluarsa.

“Kami berharap apoteker dapat senantiasa melakukan pemeriksaan berkala terhadap stok obat yang ada di apotek masing-masing. Hal ini sangat penting untuk memastikan bahwa obat-obatan yang tersedia selalu dalam kondisi yang aman dan efektif bagi konsumennya,” ujar AKP SUKAJIM.

Obat-obatan yang telah kadaluarsa bisa menimbulkan risiko kesehatan bagi konsumen, seperti kehilangan efektivitas dan bahkan dapat menyebabkan reaksi berbahaya bagi tubuh. Oleh karena itu, pemeriksaan rutin terhadap tanggal kadaluarsa diharapkan dapat mengurangi risiko tersebut.

Petugas Satsamapta juga mengimbau kepada masyarakat untuk selalu berhati-hati dalam membeli dan menggunakan obat-obatan. Jika menemukan adanya obat kadaluarsa atau memiliki kecurigaan terhadap kualitas obat yang dijual, diharapkan dapat segera melapor ke apoteker atau pihak berwajib untuk tindakan lebih lanjut.

Kegiatan ini merupakan salah satu upaya Polres Barito Timur dalam memberikan pelayanan dan perlindungan terbaik bagi masyarakat. Dengan berbagai langkah preventif seperti ini, diharapkan wilayah hukum Polres Barito Timur tetap aman dan nyaman bagi seluruh warganya(pm)

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -
Google search engine

Most Popular

Recent Comments